Sabtu, 10 Oktober 2009

Kecanduan Internet & Game? Masuk Rehabilitasi Saja

http://news.id.msn.com/okezone/komputer/article.aspx?cp-documentid=3612111

SAN FRANCISCO - Seorang pemuda bermata biru berusia sekitar 19 tahun, terlihat keluar dari kandang ayam, nampaknya dia sedang membantu membangun dan membersihkan kandang ayam itu. Sebagian orang tidak menyangka, kalau sebenarnya pemuda bernama Ben Alexander, sedang menjalani terapi akibat kecanduan internet dan game.

Ya, Pemuda yang tinggal di Iowa, Amerika Serikat itu, adalah pasien pertama dari pusat rehabilitasi bernama reStart yang khusus merawat pasien yang kecanduan berat dari internet dan game. reStart sendiri berada di 30 KM dari Seattle, menawarkan kepada pasiennya dekat dengan hutan, agar bisa menjauhkan diri dari segal sesuatu yang berhubungan dengan internet dan game.

Time, Senin (28/9/2009) melaporkan, Alexander begitu senang dengan terapi yang dia jalani di reStart. Apalagi, selama ini dia berada di depan komputer tidak kurang dari 16 jam sehari setiap harinya. "Tapi itu saya lakukan, ketika masih berada di kampus," ungkap Alexander.

Hampir setahun yang lalu Alexander begitu menggilai permainan game fantasi World of Warcraft, sampai-sampai dia melupakan makan, minum dan tidur. Bahkan, akibat dari kecanduan bermain game tersebut, pendidikannya hampir diambang kehancuran. Sebenarnya, dia berusaha keluar dari masalah tersebut, namun selalu gagal. Sampai ayahnya, membawanya ke reStart untuk melepaskan kecanduan itu.

Walaupun kasus-kasus ekstrim akibat kecanduan internet dan video game telah dipublikasikan secara luas di AS, namun tidak di Eropa dan di Asia Timur, di mana gamers bahkan harus menemui ajalnya, karena terlalu asik bermain game dan melupakan segalanya.

Sebenarnya di tahun 2006, fasilitas untuk kecanduan internet dan video game telah ada di Amsterdam, Belanda, dan ada beberapa program serupa yang beroperasi di China.

0 komentar:

Posting Komentar